Facebook  Twitter  Instagram Path

---------------------------------------------------------------------------------------------

---------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 13 Maret 2012

TENTANG HOBI


TENTANG “HIPHOP”

Berbicara tentang hiphop, Hip hop adalah sebuah perpaduan yang sangat dinamis antara sebuah genre musik dengan sebuah kebudayaan, yang kemudian menjadi sangat melekat sebagai gaya hidup, atau life style.Sebenernya di Hip Hop itu terdiri dari 4 elemen inti, yaitu, Rappin’, DJ-ing,Graffiti, and Break Dancing.
Dan sekarang, menurut saya, di Indonesia Hip Hop sudah berubah, banyak sekali perubahan perubahan dari gaya hidup, penampilan, dan kelakuan. Contohnya, Graffiti, ya mungkin para writer2nya ga perlu diketahui, asal usulnya, kelakuannya dan bagaimana cara menggambarnya. Mungkin dalam pikiran mereka “pembuatnya tak perlu diketahui orang, karna mungkin ini adalah sebuah tindakan kriminal” atau mungkin ada sebagian kecil graffiti writers berpikir, “gw pembuatnya, gw harus diketahui oleh orang banyak, gw udah bikin gambar ini susah susah masa nama gw ga tenar!”. Dan setelah graffiti writers diketahui, gw kira dandanan mereka, gaya hidupnya, dan tingkah lakunya seperti seorang Hip Hop, dengan Celana Gombrong, Baju Gombrong, Topi New Era, Slayer di Kepala, dan Blink-Blink(kalau ada, ini hanya tambahan). Ternyata, dugaan gw meleset jauh, dandanan mereka seperti anak-anak emo, street punk, metal, atau yang bener2 berbeda jauh dari yang saya bayangkan diatas.
Dan salah satu contoh perubahan lagi, para Hip Hoper di Jakarta sendiri yang saya  tau,(yang gsaya tau lhooo!, kalo salah ya tolong diingatkan) bener-bener terpaut sama satu komunitasnya sendiri, seperti, Rapper hanya berkumpul dengan sesama Rapper, dan Graffiti Writers hanya berkumpul dengan sesama Graffiti Writers, Breaker juga sama. Apakah itu yang sesungguhnya di sebut Hip Hop Life Style? Sehingga sesama elemen Hip Hop pun enggan untuk bergabung, dan orang lain melihat bahwa ini adalah sebuah komunitas khusus yang ga boleh sembarang orang masuk. Sungguh banyak pertanyaan yang menggeluti di pikiran yang tidak bisa saya tulis disini, karna saya  bisa jawab sendiri.
Saya sedikit bisa menyimpulkan, Hip Hop adalah sebuah kebudayaan unik dari Amerika, yang didalamnya berisi Rapper, Graffiti Writers, DJ, and B-Boy (Break Dancer). Dan apakah itu Hip Hop Music atau Rap Music? Menurut saya  Hip Hop music adalah sebuah sastra berupa lantunan lirik yang diiringi musik agar enak di dengar. Lirik-lirik itu rata-rata dari pengalaman sendiri dan sedikit tambahan metafora atau hiperbola mungkin. Makanya saya suka banget sama Genre Music ini karena ini adalah musik yang jujur, musik yang unik, dan musik yang sangat dalam jika lirik-liriknya berupa kiasan-kiasan yang dilantunkan dalam sebuah lagu.

Etimologi Gopin Sex Hiphop
Ada pendapat yang mengatakan Hip Hop sebenarnya berasal dari kosakata Afro-Amerika, yakni hip yang secara harfiah dapat diartikan sebagai "memberitahu" atau "sekarang" dan akhiran hep. Ada juga pendapat lain yang mengatakan "hip hop" merupakan sebutan lain dari Bebop. Namun menurut Keith "Cowboy" Wiggins, salah satu anggota Grandmaster Flash and the Furious Five, istilah "hip hop" terinspirasi saat ia bercanda dengan temannya yang baru bergabung dengan Angkatan Bersenjata. Bunyi "hip hop" sendiri merupakan tiruan bunyian hentakan kaki tentara. Pada setiap pementasannya kemudian, Cowboy menjadikan kata tersebut sebagai improvisasi saat saat rapping. Hal ini kemudian ikuti oleh musisi Hip Hop lain. Termasuk oleh Afrika Bambaataa yang kemudian memopulerkannya sebagai nama dari genre musik yang dibawakannya itu.
Beberapa artikel yang saya baca, Kota Sedwick Avenue adalah sebuah kawasan di New York yang diklaim sebagai tempat awal lahirnya komunitas HipHop. “Disinilah kami berasal”, cetus Clive Campbell, salah seorang yang merelakan lantai satu di rumahnya dijadikan sebuah markas untuk berkumpul. “Kebudayaan Hip Hop berawal dan lahir disini, yang nantinya akan tersebar di seluruh dunia, di sinilah kami barasal karena memang kami tidak memiliki tempat lain untuk bertemu, bukan di tempat lain” sahutnya. Selain nama tersebut, terdapat pula nama DJ Kool Herc yang memperkenalkan turntable pada saat itu di sebuah party pada tahun 1973. Pada awal penampilannya, DJ Kool Herc membawakan lagu-lagu dari James Brown, Jimmy Castor, dan Babe Rooth. Kool Herc pula lah yang akhirnya menciptakan scratch dan bunyi-bunyian aneh yang menimbulkan sebuah sensasi yang luar biasa pada saat itu.
HipHop terasa kurang lengkap tanpa MC. Celah inilah yang dilihat oleh Melle Mel, MC pertama pada dunia Hip Hop. Pada awalnya Melle Mel merasa bingung apa yang akan diucapkannya pada penampilan pertamanya tersebut, namun karena dirinya telah dipenuhi kebosanan dengan peraturan-peraturan dari pemerintah yang mengekang, akhirnya Melle Mel mengeluarkan rasa bencinya pada pemerintah dan pandangannya tentang kehidupan lewat lirik-liriknya. Mulai saat itu lah musik HipHop lebih banyak menceritakan tentang kehidupan disekitar masyarakat kulit hitam dan teriakan-teriakan serta protes suara hati mereka kepada pemerintahan yang berlaku tidak adil. Lirik-lirik musik Hip Hop cenderung keras dan tegas. Itulah Hip Hop.
Hip Hop sebagai kebudayaan diperjelas lagi pada tahun 1983 oleh Black Spades yang merupakan anggota dari Afrika Bambaataa dan The Soulsonic Force lewat track yang berjudul “Planet Rock”. Lagu ini merupakan sebuah musik Hip Hop yang menarik karena memiliki perpaduan antara rap yang sederhana dan irama musik disko yang diciptakan melalui drum electronic dan synthesizer. Pada tahun 1985 berulah dengan teknologi stereo, Run DMC, LL Cool J, The Fat Boys, Herbie Hancock, Soulsonic Force, Jazzy Jaz, dan Stetsasonic yang mengeluarkan album-album andalannya sehingga menjadi legenda musik Hip Hop hingga saat ini.

Era Hip-Hop gopin kanciang
Hip Hop juga memiliki masa kejayaannya masing-masing. Setiap masa menghasilkan beberapa artis dan hits yang cukup meledak, dan memiliki pengikut yang tidak sedikit, diantaranya yang saya sedikit memberi informasi :
Golden Age HipHop (1986-1992)
Masa keemasan Hip Hop dimulai ketika Run DMC menelurkan album “Raising Hell” pada tahun 1986, dan diakhiri dengan munculnya G-Funk pada tahun 1992. Masa ini lebih didominasi oleh musisi dari East Coast yang bermarkas di New York City. Label Def Jam Records menjadi salah satu label East Coast yang independen saat itu.
Modern Era (1992-1998)
Ice T, NWA, Mobb Deep dan Tupac Shakur sukses menciptakan gangsta rap dengan irama musik yang masih gelap namun dengan beat-beat yang cukup kencang. Pada awal tahun 1992, gangsta rap mulai menjadi sebuah musik yang sangat mainstream dengan munculnya Dr. Dre dengan The Chronic’s. Album ini muncul dengan gaya baru yang disebut G-Funk, yang di dominasi oleh musik tahun 70’an. G-Funk pula lah yang akhirnya menjadi sebuah identitas musik West Coast Hip Hop pada saat itu
Jiggy/Bling-Bling Era (1998-Present)
Nama-nama seperti OutKast, No Limit, dan Cash Money Records merupakan bagian dari era ini. Mereka lah yang memopulerkan jenis musik mereka sehingga timbulah istilah Jiggy atau Bling-Bling Era. Musik pada era ini dinamakan Neo Soul yaitu campuran antara musik Hip Hop dan musik Soul.
Subgenre Hip Hop
Hip Hop juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, terutama pada jenis musik itu sendiri. Hip Hop pun mulai dikombinasikan dengan musik-musik lain seperti rock, reggae, techno, dan sebagainya. Di antaranya :
Rapcore
Run DMC sempat berkolaborasi dengan band hard rock Aerosmith pada lagu “Walk This Way”. Kolaborasi ini benar-benar sukses dan duduk di nomor satu rapsong hit di tangga lagu Billboard Hot 100. Selain Run DMC, pada tahun 1987 Beastie Boys juga sukses dengan rap core-nya dengan hits “Licensed to Ill” yang di produseri oleh Def Jam Records. Pada lagu ini Beastie Boys bekerja sama dengan Black Sabbath dan Led Zeppelin, dan dibantu oleh Kerry King, gitaris dari Slayer. De La Soul’s juga merilis lagu rap core “3 Feet High and Rising” pada tahun yang sama. Pada sekitar tahun 2000, Linkin Park merilis album dengan genre Rapcore / Rap Rock dengan nama Hybrid Theory dengan lagu In The End sebagai best song-nya.
Electro
Musik yang satu ini memang sedang naik-naiknya di saat ini, dan tidak ada yang tahu bahwa ternyata Electro juga merupakan bagian dari musik Hip Hop. Run DMC menjadi dedengkot pada aliran yang satu ini. “Planet Rock” dari Afrika Bambaataa menjadi target Run DMC untuk disisipi irama Eelctro ini dan ternyata sangat sukses di pasaran. Hits berikutnya ialah “It’s Like That” yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Miami Bass
Miami Bass ialah bagian dari Hip Hop yang dipopulerkan oleh 2 Live Crew, JJ Fad, DJ Magic Mike, dan DJ Laz. Musik ini sangat berkarakter irama bass yang kuat, dan lirik yang sedikit menyinggung tentang seks menjadi bagian dari kelompok yang satu ini.
Hardcore Hip Hop
Pada tahun 1990’an, musik dari New York dan East Coast menjadi musik yang sangat keras dan gelap, sesuai dengan kehidupan yang terjadi disana. Artis dari tahun 80’an akhir seperti EPMD dan Eric B serta Rakim menjadi salah satu pendiri dari musik dengan irama yang keras ini. Selain dua nama tersebut, Public Enemy beserta pasukannya The Bomb Squad juga tidak mau kalah untuk menyuarakan kreativitas mereka dengan nuansa kriminal di setiap lirik-lirik lagu mereka. Wu-Tang Clan merilis album mereka pada tahun 1993 “Enter the Wu-Tang (36 Chambers)”, dan albumnya merupakan sebuah gebrakan pada tahun tersebut, khususnya di genre musik Hardcore Hip Hop.
Berhubung saya masih terbilang “Amatir di Hiphop” beberapa yang saya ketahui yang sedang melambung saat ini di indonesia, akan saya ceritakan disini beberapa artis yang menginspirasi saya menyukai jenis musik ini :


EMINEM

Eminem merupakan Rapper yang rupawan, banyak sekali fans perempuan yang suka dengan seorang Slim Shady. Slim Shady, adalah rapper Amerika, yang mempunyai peran sebagai produser rekaman (Shady Record), dan juga aktor. Eminem mulai menunjukan perkembanganya yang cepat pada tahun 1999 dengan album debut major-label, The Slim Shady LP, Kenapa saya hari ini menulis tentang Eminem? karena memang Eminem juga adalah termasuk dalam daftar Rapper yang aku Fans hehehe..
Eminem boleh di sebut Rapper yang menjadi contoh bagi semua Rapper di seluruh dunia. karena memang Eminem yang masa kecilnya mungkin di bilang sulit atau kurang perhatian orang tuanya. Sejarah seorang Rapper Slim Shady yang saya tonton ada di Filmnya yang ber judul “8 Mile”, dimana saat itu saya mendapatkan Film ini dari seorang teman. Dan dari lagu yang sering di putar di Film nya (Sebut saja Theme Song salah satunya “Loose Yourself”) dan saya saya mulai menyukai lagunya, berburu lagunya dan mencoba menghafal beberapa lagunya “Not Affraid featuring dengan Rihanna”. Yang saya sukai dari salah satu albumnya adalah “The Relapse” karena paling banyak lagu yang saya hafal di lagu itu, seperti “Stimulate”, The Real Slim Shady”, “Big Pipes from Baghdad”, “We made you”. Dan yang paling membuat saya terkesan di filmnya 8Mile adalah saat battle rapp menjelang akhir, Sangat memukau, lugas dan tegas apa yang di katakan.
Album The Slim Shady LP adalah album yang membawa kejayaan Rapper asal Amerika ini. Dengan album ini Eminem memenangkan Grammy Award untuk Best Rap Album. Dan juga Album Solo yang sangat terlaris/ tercepat dalam penjualanya sepanjang sejarah, dan juga membawa Label Rekamanya semakin memuncak (Shady Records). Yeaaaaaaa :D (maaf sedikit gila hahaha)
Wah memang ya... keberhasilan itu bisa kita dapatkan dengan mudah.. tapi harus melalui jalan yang sulit, berbatu dan yang bisa membikin kita jatuh (Diessssshhh). Inilah contoh seorang Slim Shady kehidupanya yang membikin aku semangat terus setiap hari. Marshall Mathers LP dan album ketiga, The Eminem Show juga memenangkan Grammy Awards, membuat Eminem menjadi artis pertama yang memenangkan The Best Rapper 3 kali berturut-turut. Pada tahun 2010 silam Eminem juga mendapatkan penghargaan, jadi total dari tahun 2002 sampai 2010 Eminem telah mengantongi 11 penghargaan Grammys dalam karirnya. Hebat bukan?? Memang hebat bener ini Rapper, yang sekarang sudah menginjak umur kurang lebih 37 tahun. dan raut wajahnya yang dulu sangat rupawan juga sudah mulai mengalami penyusutan, dan juga tubuhnya yang sekarang kelihatan kecil. yang dulunya bentuk tubuh seorang Eminem yang sangat terawat sekali.
Pada tahun 2002, ia memenangkan Academy Award untuk Best Original Song untuk "Lose Yourself" dari film nya 8Mile, memang aku sangat salut dengan Eminem yang membawa kisah hidupnya ke lirik-lirik lagunya. jadi hampir semua lagu-lagu yang Eminem ciptakan adalah kisah hidupnya sendiri yang tanpa di buat-buat.
Eminem adalah artis terlaris dalam dekade ini, dan telah terjual lebih dari 80 juta album di seluruh dunia sampai saat ini, membuatnya menjadi salah satu artis musik paling laris di dunia, Eminem menempati peringkat 82 dalam daftar majalah Rolling Stone 100 Greatest Artists of All-Time, pada Billboard Top 200 dan 12 single nomor satu di seluruh dunia. Pada bulan Desember, 2009.... huh... memang hebat ya.. semoga rapper akan selalu hidup di seluruh dunia. agar musik Rapper di indonesia menjadi laris. dan banyak bermunculan seorang Rapper-Rapper baru... Amin....
okey sampai sini saja saya menulis artikel tentang sejarah seorang Rapper Slim Shady(EMINEM). Dimana aat saya bisa menyukai hiphop pertama kali, meski di bilang telat karena film 8Mile nya taun kapan dan nontonku kapan hehehe

 LA COKA NOSTRA

La Coka Nostra adalah salah satu yang saya gemari, di samping musiknya yang asik mentul-mentul, di ambil dari nama gengster mafia di Amerika "La cosa Nostra". Salah satu yang saya sukai di lagu merekada di lagunya yang berjudul "Beautiful things" dari sini lah saya menyukai dan mulai memburu lagu-lagu mereka. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan di samping info-info yang terbatas dan sedikit terhalang dalam bahasa Inggris, hehehe. Yeah dengarkan lagu mereka yang itu akan membuatmu selalu bergoyang ala "mafia", yang tak kalah dengan lagu hiphop lain di manapun berada.

8Balls – Rapper Maluku

M. Iqbal merupakan Rapper Maluku yang lahir di Malang yang mulai ngerap sejak tahun 2003 di Jogja. Rapper yang menggunakan nama 8ball untuk nama panggungnya ini, sudah terbiasa untuk mendengarkan musik sejak kecil. Bagi 8ball, Hip Hop memiliki daya tarik tersendiri, hingga memilih rap sebagai cara untuk menyampaikan pesannya. Dengan memiliki influence yang beragam, membuat lagu-lagunya menjadi tidak biasa di tambah karakter suara dan click rapping yang kuat. Seperti kebanyakan rapper, 8Ball juga menulis semua liriknya sendiri. Lirik yang di tulis terinspirasi dari kejadian kejadian di masyarakat dan mengamati kehidupan asmara orang orang di sekitarnya. Lirik yang Cerdas, Jelas, Tegas apa adanya membuat banyak orang yang telah mendengarkannya selalu ingin mendengarkan ulang dan menunggu karya selanjut nya.
Pertama saya mendengarkan lagunya adalah saat lulus SMA, dimana saat itu bermunculan band band cengeng (Maaf hehe) dan saat itu 8Balls membuat lagu diss tentang “Kangen Band” dengan judulnya “Kangen diss” hahaha. Ya dari situlah saya menyukai lirik lirik yang dia sampaikan, ternyata apa yang di katakan memang ada benarnya, salah satu cara atau bisa di bilang kritikan, guna memperbaiki kualitas musik di Indonesia jika lagu ini di dengar pemerhati musik (Menurut Saya hehehe)
Lagu pertamanya berkolaborasi dengan Dimas dengan membentuk Group "Blues Clues" dengan single “Ah sudah ah” di buat setelah menetap di Jogja untuk Kuliah. Tahun 2008, 8Ball mulai memproduksi Lagu Solo-nya. Lagu “Menikahlah Dengan ku”, “Menunggu”, “Pria Banding” adalah 3 lagu yang mulai di garap serius. Saat ini 8Ball sudah memiliki banyak lagu yang di bagikan (Bebas di Unduh/Download) gratis di web Reverbnation.com. Tema dan Lirik di Lagu-lagu yang bebas di unduh ini memiliki banyak variasi, mulai dari yang Serius, Komedi, sampai yang Nakal.
Saat ini di Situs Reverbnation.com, untuk tingkat Nasional (Indonesia) 8Ball menempati posisi ke 2 di bawah Saykoji. Untuk tingkat Regional Jogja, 8Ball menempati posisi Pertama. 8Ball melakukan semua secara bertahap mulai dari Jogja, Jakarta dan kota kota lain. Manggung di kafe-kafe, pentas jalanan, Club, sampai di event Internasional berggengsi Ambon Jazz Plus Festival 2009 lalu.
Jogja Hiphop Foundation yang di gawangi oleh Marzuki (Kill the DJ), sempat mengajak 8ball dan dimas dalam kompilasi Poetry Battle. Dalam kompilasi ini, "Blues Clues" mengganti nama-nya menjadi Gatholoco. Poetry Battle itu adalah kompilasi dimana liriknya di ambil dari puisi puisi karya dari para pujangga. 8Ball juga masuk dalam Film Dokumenter HipHopDiningrat yang di besut oleh Jogja HipHop Foundation. Di Film itu 8Ball menjadi satu satunya Rapper yang berasal dari luar jawa.
8Ball juga membentuk Grup “The Bakutumbu”, sebagai salah satu kontribusinya untuk mengangkat saudara saudara malukunya untuk Ngerapp. The Bakutumbu group ini menjadi salah satu kelompok hip-hop fenomenal dari Maluku. Dia telah memberikan pengaruh pada masyarakat muda di Maluku pada khususnya, bersama dengan mitra rap-nya selama 2 tahun, Aditya Angwarmase dan Gilang Ayuba. Dengan group ini, 8Ball berhasil mengajak teman temannya yang satu daerah untuk berani berkarya dan mengembangkan keahlian dari mereka.
Dalam membuat lagunya, 8ball bekerjasama dengan produsen berbakat dan beberapa seniman dari Indonesia dan luar negeri seperti Mo Charizma (ZeroOne Studio, Jakarta), Faredeck Janjaan (Takaruang Music Lab, Jogjakarta), Ambonwhena (Belanda) dan masih banyak lagi.
Saat ini 8ball memiliki fans base yang besar dan tersebar di seluruh nusantara, dan tidak sedikit yang menjadi penggemar fanatik. Ini dapat di lihat pada lagu “Reason” dengan banyaknya respon untuk dimasukkan dalam satu track yang ada di CD ini. Respon di FB yang melalui Private Message (INBOX) juga banyak, dan ada beberapa permintaan untuk membentuk komunitas “8Ball KnEights” (Sebutan penggemar 8Ball) di beberapa daerah. Kantong Fans Base 8 Ball yang banyak ada di kota Jakarta, Bandung, Ambon, Ternate, Kupang, Batam, Balikpapan, Samarinda dan Papua.

HOMICIDE (BANDUNG)

Seperti yang banyak diakui orang, Homicide adalah sebuah anomali. Mereka adalah band hiphop yang lebih dikenal di scene hardcore/punk dibanding popularitas mereka di scene hiphop. Meski beberapa pelaku di scene hiphop indonesia mengakui bahwa Homicide adalah salah satu pioneer di tanah air, mereka tak cukup dikenal terutama oleh para anak-anak hiphop kemaren sore. Ini dikarenakan oleh Homicide sendiri yang sangat tidak peduli pada produktivitas materi. Untuk seukuran band seperti mereka yang sudah berumur hampir 10 tahunan, mereka terhitung sebagai band yang sangat pelit dalam menghasilkan materi. Lagu-lagu mereka hanya beredar dikalangan tertentu dan sangat sulit didapat, hanya ada di beberapa kompilasi dan demo yang sangat sukar ditemukan di 'pasar'. Tapi mereka terkenal karena hebatnya materi-materi itu sendiri. Legends live because they are that great. Meskipun sedikit tapi cukup membelalakkan mata orang, tak hanya penggemar hiphop tapi juga para penggemar genre lain, terlebih di scene punk/hardcore dimana mereka sering memberi cameo (featuring) di beberapa band underground Bandung dari Undercontrol hingga Balcony hingga Puppen. Tak boleh dilupakan pula, keterlibatan mereka di aktivisme, konsistensi mereka thd etos D.I.Y dan integritas mereka sebagai MC yang tak kenal kompromi dalam hal estetika hiphop, melahirkan anekdot lucu bahwa Homicide adalah band hiphop yang lebih 'punk' dari band punk di Indonesia, sekaligus sebuah band punk yang lebih 'hiphop' dari grup-grup hiphop di tanah air.
2012 sudah ampir dateng. Sepuluh tahun lalu album Homicide pertama, "Godzkilla Necronometry" dirilis dalam dua bentuk; sebagai album dan sebagai bagian split dengan Balcony, grup hardcore dari Bandung Juga. Album ini cukup penting bukan karena sebagai album HOMICIDE pertama, tapi karena merubah tak hanya wajah hiphop lokal namun juga wajah musik Indonesia.
beberapa sayembara kecil yang di buat oleh admin dari Unofficial page mereka, saya ambil kutipannya :

"Untuk sekedar merayakannya kecil-kecilan, kami dari pengelola FB Unofficial Homicide berniat membuat sebuah lomba menulis essay retrospektif tentang album tersebut. Kami sadar kami bukan siapa-siapa dan tak punya apa-apa sebagai hadiah, tapi kayaknya sebuah T-Shirt HOMICIDE dan 2 buah poster HOMICIDE ukuran A3 yang belum keluar dari plastiknya sejak dibeli dulu, akan kami berikan pada seorang pemenang dengan tulisan terbaik. (hanya maaf, sizenya L, kalo kagak cukup bisa dijual ama yang membutuhkan). Penilaian tidak akan saya lakukan sendirian. Mungkin, (ini mungkin lhooo) saya akan meminta bantuan beberapa penulis/jurnalis musik yang kami kenal.

Karya penulisan tidak kami batasi secara teknis, tapi mungkin 2000 kata udah cukup panjang. Silahkan kirim tulisannya ke pusakakalam@gmail.com, pengennya sih yang lama jangka waktunya, tapi biar ada bates, kami batas ampe tanggal 1 Januari 2012. Oh ye, kalo ada fans HOMICIDE lain yang mau merelakan ikut ngasih hadiah buat pemenang dengan senang hati kami nampung"
Pengaruh music mereka terinfluence dari The Last Poets, Gil Scott Heron, Fela Kuti, Marvin Gaye, Stevie Wonder, Prince, Curtis Mayfield, James Brown, Public Enemy, Rakim, EPMD, BDP, Run DMC, Gangstarr, Ice Cube, N.W.A., Organized Konfusion, Company Flow, Cannibal Ox, Minor Threat, Black Flag, Bad Brains, Negative Approach, Inside Out, Refused, As Friends Rust, Seein Red, Amebix, His Hero Is Gone, From Ashes Rise, Catharsis, Godflesh, Neurosis, Isis, Merzbow, Boredom, Throbbing Gristle, This Heat, Einsturzende Neubauten, John Zorn, Godspeed You! Black Emperor, Fugazi, My Bloody Valentine, Mogwai, Portishead, Black Sabbath, Slayer, Carcass, Napalm Death, Brutal Truth, Terrorizer, Suffocation, Nasum.
       meski band mereka telah bubar, namun karya-karya mereka tak akan di lupakan begitu saja, mengingat apa yang mereka tawarkan benar-benar nyata. beberapa info yang saya dapat disini adalah dari facebook (Unofficial page) yang di buat oleh penggemar mereka, sebagai perwujudan respect yang hebat!


KALIPSO – Kasultanan Hiphop Solo


Tidak jauh dari kota saya Boyolali tercinta, Kota Solo juga merupakan salah satu kota yang banyak peminat hiphop, sebut saja salah satunya “KALIPSO” (Kasultanan Hiphop Solo), adalah sebuah komunitas yang di bilang cukup di kenal masyarakat pecinta hiphop kota Solo. Banyak rapper rapper yang di lahirkan disana, ada pula group Hihop yang sedikit bercerita ke islami di salah satu lagunya yang berjudul “Al Fatir” dari B-Strax kemudian ada Semprong Bolong dengan lagu konyolnya “Rudangsing” salah satu yang saya sukai (dan iseng juga pernah saya buat cover video mereka hahaha), juga lagu yang bercerita tentang kota nya di lagu yang berjudul “Kutho Solo”, kemudian juga ada FU Clan, The Nomen Nisco, Max Setax, Mr.Chin, Laser Merah, Y2K, S.T.P, Pink Piggy, Kemudian Rendy Jerk dengan semua lagunya yang membuat saya selalu terpingkal saat mendengarkannya. Kemudian tak lupa juga ada Pupie Slim yang juga Rapper dari KALIPSO yang paling berpengaruh, terbukti dengan banyak yang rapper yang ber- featuring dengan Pupie Slim yang sering di sebut sebagai “Badut Jahat” di salah satu karakter di group hiphop “Trahgali Soulja” yang bergenre Hiphop underground (Mungkin bisa di bilang seperti itu) lirik yang bisa di bilang “Kritis” dan kebanyakan berprotes tentang sistem pemerintahan di Indonesia. Yah bisa di bilang seperti Homicide ataupun Thufail Alghiffari. Namun thufail cenderung ke lirik islami lebih dalam. Lagu yang berjudul “Rasah Kemaki” adalah lagu yang pertama kali saya dengar di Solo Radio secara tidak sengaja. Kemudian tak lama ada acara Hiphop di Taman kota solo “Balekambang” di situlah saya menonton perform Trahgali soulja untuk pertama kali, luar biasa berpenampilan memakai topeng ala “Slipknot” yang gahar dengan aksi panggung dan lirik lirik nya. Sepulang dari dari situlah saya mulai menyukai dan mendownload dan juga mencoba menghafal semua lagu mereka, namun sayang tidak semua lirik di upload di situs mereka, sehingga sedikit kesulitan dalam menghafal lagu mereka.
Untuk mencoba mengenal mereka saya mencoba mencari di facebook, sebut saja salah satu personil dari Trahgali Soulja, yaitu “Trojjafocka” atau Gigih (Bertopeng tengkorak saat perform ) yang sempat saya banyak bertanya disitu tentang Trahghali yang berarti “Preman Pasar”. Trahghali soulja adalah salah satu group hihop yang saya sukai di kota Solo sendiri. Dan Ini salah satu foto pertama saya bareng KALIPSO, tepatnya kemarin tanggal 25 Februari 2012 di Solo Paragon Lifestyle mall :D




 Tidak jauh dari Solo  di Jogja juga ada komunitas hiphop “Jogja Hiphop Foundation” disitu banyak pula rapper yang keren menurut saya, salah satunya ada Rottra dan Jahanam dengan lagu “Tumini” nya yang sempat booming, terbilang lagu lama yang sudah ada sejak saya masih duduk di SMP , namun masih menyenangkan untuk di dengarkan.
Mungkin ini sedikit yang bisa saya ceritakan sekilas tentang Hiphop, juga berbagai sumber dari beberapa artikel yang bersangkutan. Jika ada berita menarik lagi, tentu saya akan menulis lagi disini. Terakhir, i’ll say thank you for wikipedia, yang telah membantu saya untuk mendapatkan referensi. Dan saya  mengucapkan banyak terima kasih kepada kalian yang membaca tulisan ini, memberi  komentar, dan memberi kritik yang membangun atas tulisan saya dan karya-karya para Hip Hoper. Support local HIPHOP!!

0 komentar:

Archive